Sudah Kenal Conveyor Chain? Ini Dia Jenis-Jenisnya!

Sudah Kenal Conveyor Chain? Ini Dia Jenis-Jenisnya!

Memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda, berikut ulasan dari berbagai jenis conveyor chain. Memiliki cara kerja yang efisien karena mampu bergerak dan berputar naik dan turun serta kiri dan kanan, conveyor chain semakin dibutuhkan di bidang industri masa kini karena bisa meminimalisir kesalahan dan juga modal. Berikut adalah ulasan tentang jenis-jenis conveyor chain.

  1. Scraper conveyor

Pertama ada scraper conveyor yang paling dikenal, selain itu harga conveyor chain jenis ini disebut yang paling murah. Dengan maksimum kecepatan mencapai 150 ft/m conveyor jenis ini mampu dioperasikan hingga kemiringan 45 derajat dan angkutannya mencapai kapasitas 360 ton perjam. Komponen angkutan yang bisa diangkat bisa meliputi material ringan dan tak gampang rusak seperti kayu, abu, dan kepingan.

Meskipun terkenal, scraper conveyor memiliki beberapa kekurangan seperti tenaga yang tidak konsisten, hanya menempuh jarak pendek, serta biaya servis yang mahal.

  1. Apron conveyor

Apron conveyor mampu dijalankan dengan tingkat kemiringan sekitar 25 derajat, selain itu kapasitas pendistribusiannya mencapai 100 ton per jam ditambah kecepatan 100 ft/m. Pengangkutan barang dengan bahan yang berat dan berminyak dapat dilakukan, meskipun begitu kecepatannya tersebut dinilai relatif lambat dan pergerakannya hanya satu arah.

  1. Bucket conveyor

Conveyor jenis ini biasanya dibuat dari baja, dan pergerak mesinnya menggunakan rantai, selain itu biaya relatif mudah karena perangkaian yang sederhana dan mengangkut berbagai macam bongkahan dengan kecepatan mencapai 100 ft/jam. Meskipun kapasitas bucket kecil dapat mencapai 100 ton per jam kecepatannya dinilai lambat.

  1. Bucket elevator belt

Pemakaian bucket elevator belt dinilai lebih tepat saat kemiringan curam yang mencapai 15 hingga 20 derajat karena bucket elevator belt memiliki timba yang memiliki fungsi dan bentuk khusus, bentuk timbanya pun ada berbagai jenis, diantaranya minneapolis, bucket for wet or sticky, dan masih banyak lainnya. Fungsinya adalah untuk pengangkutan material khusus.

Itu tadi beberapa jenis conveyor chain yang memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda-beda, meskipun scraper conveyor dinilai yang paling populer ternyata masih ada beberapa jenis lainnya yang digunakan dalam bidang industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *