Bingung memilih besi beton? Simak 4 tips memilih besi beton berkualitas

Bingung memilih besi beton? Simak 4 tips memilih besi beton berkualitas

Pembangunan rumah atau Gedung bukanlah hal mudah. Anda harus memperhatikan penggunaan material agar konstruksi menjadi lebih kuat seperti besi beton polos. Setiap bangunan pasti membutuhkan besi beton agar tulang bangunan jadi lebih kuat. Jual besi beton polos saat ini cukup mudah untuk ditemukan baik secara online maupun offline. Tips memilih besi beton berkualitas di distributor besi. 

Perhatikan jenis besi 

Besi polos adalah besi dengan penampang berbentuk bundar, licin dan tidak bersirip sedangkan besi ular berbentuk rusuk panjang dan bersirip. Kedua besi memiliki manfaat maksimal apabila anda tepat memilih besi berdasarkan kebutuhan bangunan

Besi beton ulir sukar dibentuk karena tegangannya cukup tinggi. Berbeda dengan beton polos yang lebih mudah untuk dibentuk. Alat ukurnya dapat menggunakan hardness tester. 

Cek kondisi besi beton 

Tips kedua adalah perhatikan kondisi besi beton yang dijual di distributor jual besi beton polos dan ulir. Perhatikan besi apakah berkarat atau tidak. Besi yang berkarat akan mempercepat kerusakan pada besi. Di samping itu, tentu akan membahayakan Kesehatan. Besi yang tidak berkarat juga akan lebih tahan lama dan kuat. 

Pilih ukuran yang tepat 

Selain memilih kondisi besi beton yang baik juga harus pilih ukuran yang sesuai. Besi harus disesuaikan dengan beban berat yang akan ditopangnya. Sebaiknya pastikan diameter dan ukuran yang standar. Biasanya besi beton memiliki ukuran standar sekitar 12 meter

Diameter besi terdiri dari 6mm hingga 25 mm. Selalu ada batas tolerasi dengan angka rela, sekitar 0,2 mm. Ini juga berlaku untuk Ukuran besi beton polos. 

Harga besi beton

Tips memilih besi beton juga harus sesuai dengan dana yang dimiliki. Jangan sampai over budget. Dalam membeli besi beton, penting untuk diperhatikan bahwa kualitas barang akan berbanding dengan harga yang ditawarkan. Maksudnya jika anda ingin besi dengan kualitas baik maka harganya tentu lebih mahal. 

Produk dengan standar SNI pasti menawarkan harga lebih mahal dibandingkan non SNI. Ukuran dan jenis besi beton juga ikut mempengaruhi harga. 

Apabila anda melakukan survei jual besi beton polos dan ulir terlebih dahulu, bukanlah hal yang tidak mungkin anda bisa mendapatkan besi beton dengan harga lebih rendah dan sudah berstandar tentunya. Jangan tergiur harga murah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *