Tips Agar Anda Terhindar Dari Roller Ball Bearing Yang Palsu

Tips Agar Anda Terhindar Dari Roller Ball Bearing Yang Palsu

Apakah Anda dalam waktu dekat berencana membeli roller ball bearing? Jika benar sebaiknya Anda perlu meningkatkan kewaspadaan, bisa saja bearing atau laher yang Anda beli merupakan barang palsu, sebelum membeli laher ada baiknya Anda memperhatikan ciri-ciri dari laher palsu, dengan begitu Anda dapat terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.

Perhatikan Kode

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan yaitu kode atau merk yang tertera pada roller bearing, kode atau merk bearing yang palsu akan menggunakan sistem sablon, jadi sudah bisa dibayangkan kode tersebut akan mudah terhapus atau mengelupas, padahal bearing yang asli menggunakan cap yang masuk ke dalam permukaan, sehingga kode yang dicap menggunakan laser tidak akan mudah hilang.

Cek Bagian Permukaannya

Hal selanjutnya yang bisa Anda lihat asli atau tidaknya adalah permukaan pada jenis roller bearing tidak halus, mengapa permukaannya bisa kasar atau tidak halus? Bearing yang palsu menggunakan limbah bekas yang dicuci dan dikemas kembali, oleh karena itu agar terlihat baru pihak yang tidak bertanggung jawab hanya akan melakukan finishing asal-asalan, yang penting sekilas bearing terlihat seperti baru dan cukup meyakinkan pembeli.

Ukuran Bearing

Bearing palsu yang cukup banyak beredar di pasaran juga bisa Anda temukan dengan melihat diameternya, roller bearing size palsu bisa seret atau bisa juga longgar, ciri ini mungkin bisa Anda buktikan saat akan memasangnya karena ukurannya sudah tidak sesuai dengan yang asli, Anda bisa melihat kualitas bearing apakah seperti baru atau memang terlihat seperti bekas pakai.

Kondisi Kemasan

Meski sudah dipoles serapi dan semenarik mungkin tetapi roller ball bearing yang palsu tetap dapat mudah dikenali, karena biasanya setiap kemasan spare part yang asli menggunakan kardus yang halus dan juga tebal, kualitas kemasan cenderung lebih berwarna terang, tidak hanya itu saja kemasan yang digunakan umumnya terdapat hologram yang tidak mudah terlepas.

Garansi

Setiap membeli spare part biasanya terdapat garansi, cobalah Anda menanyakan ada tidaknya garansi dari bearing yang dibeli, garansi bisa berasal dari produsen dan juga dari toko yang menjual.

Harga

Hal terakhir yang bisa Anda jadikan pertimbangkan dalam membeli bearing yang asli dan palsu adalah perihal harga, banyak orang yang akan tergiur jika harga yang ditawarkan sangat murah, jika demikian Anda perlu waspada apalagi harga yang ditawarkan jauh dibawah harga pasaran, sebelum Anda tergiur dengan tawaran harga murah sebaiknya Anda perlu mencari tahu berapa harga bearing di pasaran.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli roller ball bearing, semoga dengan menerapkan beberapa hal tersebut Anda dapat terhindar dari membeli barang palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *