Mengenal Jenis Bearing SKF dan Cara Mengetahui Ukurannya

Mengenal Jenis Bearing SKF dan Cara Mengetahui Ukurannya

Bearing atau bantalan termasuk bagian dari komponen utama penggerak poros, sehingga mempermudah pertukaran dan mengurangi gesekan pada benda yang bergerak, serta bertumpu pada benda lainnya. Salah satu bantalan yang paling banyak digunakan adalah jenis bearing SKF.

Menurut fungsinya, bearing digunakan untuk mengurangi gesekan yang dapat terjadi antar poros dengan tumpuannya. Selain itu, bertujuan untuk menahan suatu poros agar tetap pada dudukannya. 

Apabila dibiarkan, besi bulat kecil ini tidak akan berfungsi dengan baik. Ujung putaran roda menjadi berat karena gaya gesek yang terhambat. Intinya, bearing menjaga agar poros ban tidak langsung bergesekan lebih pada roda. Oleh karena itu, bearing adalah komponen yang tidak boleh luput dari perhatian, terutama pada roda sepeda motor.

Di samping itu, pemilihan bearing yang berkualitas juga menentukan keawaten maupun performa dari kendaraan yang dimiliki. Salah satunya, jenis bearing SKF yang sudah terjual di seluruh Indonesia. 

Bearing Standar SKF

Bantalan ini memiliki kualitas yang baik. Namun, beberapa aplikasi harus menggunakan alat atau beban yang lebih berat, guna mengurangi gesekan, panas, dan keausan pada bantalan. 

Bearing SKF Explorer

Bearing SKF jenis ini terbukti dapat memiliki kualitas yang lebih mulus dan lebih tahan lama dibandingkan dengan bantalan non-explorer. Pelindung SKF explorer diproduksi dari baja homogen yang bersih dan mampu memberikan keseimbangan optimal untuk mengurangi gesekan serta keausan. 

Bearing Energy Efficient 

SKF terus memenuhi kebutuhan dalam rangka mengurangi penggunaan energi yang lebih besar. Begitu pula pada bantalan yang semakin efisien. Bearing energy efficient (E2) mampu mengurangi beban gesekan sebesar 30% yang artinya memiliki kinerja lebih baik dari pada seri sebelumnya. 

Bearing Super Precision SKF

Jenis bearing SKF ini memiliki kinerja presisi yang semakin meningkat. Bantalan tersebut, memiliki desain yang lebih optimal, memungkinkan bekerja dengan berputar dalam kecepatan yang tinggi. Selain itu, keunggulan lainnya adalah memiliki daya muatan tinggi, lebih kokoh dan kuat, minim gesekan, dan lebih awet.  

Lalu, Bagaimana Cara Mengetahui Ukuran Bearing?

Jika ingin mengganti ataupun membeli bantalan baru, sebaiknya Anda perlu memahami ukuran yang cocok untuk digunakan. Namun, diameter lubang dapat disesuaikan dengan tipe barang yang Anda beli.  

Bantalan yang memiliki ukuran kecil, dengan diameter kurang dari 10 mm. Cara membacanya adalah satu angka terakhir yang terdapat di belakang tipe bearing SKF. Contohnya, 623, kode 62 adalah tipe bearing, dan angka 3 adalah ukuran diameternya. Hal ini juga berlaku pada ukuran selanjutnya. Bila bantalan berukuran lebih dari 500mm, ukuran langsung tertulis pada kode bearing. Sebagai contoh, jenis bearing SKF 618/500, pada urutan angka ketiga artinya memiliki ukuran 500 mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *