Bisnis Akan Maju dengan Aplikasi Manajemen Ecommerce

Bisnis Akan Maju dengan Aplikasi Manajemen Ecommerce

Pasar online semakin berkembang dan semakin banyak seiring dengan bertambahnya minat para pelaku usaha untuk menawarkan produk mereka secara online. Dengan memasarkan produk di berbagai marketplace akan lebih mudah dalam mengurusnya dengan menggunakan aplikasi manajemen ecommerce multi channel.

Memilih Aplikasi Manajemen Ecommerce untuk Peningkatan Bisnis

Sebelum menggunakan aplikasi manajemen ecommerce multi channel, ada baiknya pelaku bisnis online memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  1. Biaya yang dikeluarkan

Pertimbangkan terlebih dahulu besar biaya yang ditawarkan oleh penyedia jasa manajemen ecommerce. Bagi pebisnis pemula tentu pilih dengan biaya yang terjangkau. Ada beberapa platform yang biasanya menawarkan fasilitas uji coba untuk beberapa waktu dengan gratis.

  1. Profesionalitas 

Lihat dulu ulasan-ulasan dari pekerjaan sebelumnya oleh pelanggan lain. Jika memang platform tersebut memiliki kinerja yang bagus maka akan hanya ada ulasan positif. Selain itu jika banyak pihak yang menggunakan jasanya maka bisa dinilai bahwa platform tersebut bisa dipercaya.

  1. Mudah untuk dihubungi

Customer service sangat diperlukan jika ada masalah atau kesulitan saat menggunakan aplikasi manajemen ecommerce. Jika pusat pelayanan mudah dihubungi setiap saat bisa menjadi pilihan untuk memperlancar kegiatan.

  1. Ramah SEO

SEO sangat membantu kelangsungan bisnis jika bisa muncul pada barisan teratas mesin pencarian. Platform yang baik tentunya harus bisa menambahkan website bisnis dengan menggunakan domain sendiri serta memberi kemudahan pelanggan dalam meninggalkan umpan balik. Untuk mengaksesnya harus bisa dengan ponsel maupun komputer dengan tampilan yang bagus dan informasi tetap tersampaikan.

Strategi dalam Menggunakan Aplikasi Manajemen Ecommerce Multi Channel

Untuk mendukung penggunaan aplikasi manajemen ecommerce multi channel agar bisnis semakin sukses dapat dilakukan beberapa strategi berikut.

  1. Menentukan merk dagang

Dengan menentukan merk dagang yang sama maka akan mempermudah pelanggan bertransaksi. Hal ini berlaku jika menggunakan toko online dan offline. Hal ini bisa digunakan untuk memahami pandangan pelanggan terhadap perusahaan dan produk yang dijual.

  1. Memberikan informasi yang lengkap

Kelengkapan informasi ini harus sama di setiap platform untuk berjualan baik secara online maupun offline serta pada website. Informasi dapat berupa harga, stok produk, lokasi toko jika ada toko offline serta informasi lainnya. Jika ada beberapa perubahan lebih baik diberitahukan kepada pelanggan.

  1. Melayani dengan maksimal

Pelayanan yang diberikan baik secara online maupun offline harus dilakukan dengan kadar yang sama. Misal dengan membalas pesan yang lebih dahulu masuk dan melayani pelanggan yang terlebih dahulu datang. Jika ada komplain sebaiknya juga dilayani dengan baik.

Menggunakan aplikasi manajemen ecommerce multi channel ini sangat cocok dilakukan jika seseorang telah melakukan bisnis dengan berbagai media. Pembaruan stok bisa saja sangat sulit dilakukan dalam waktu yang singkat. Apalagi jika bisnis yang dijalani sudah memiliki banyak pelanggan. Dengan demikian akan cocok dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *