Apa Perbedaan Kanal U Dan Kanal C Baja Ringan?

Apa Perbedaan Kanal U Dan Kanal C Baja Ringan?

Pastinya kamu sudah sering mendengar kanal U baja ringan ( UNP ) dan kanal C ( CNP ) , terlihat mirip dari namanya tapi mempunyai banyak sekali perbedaan. Kita akan ulas apa saja perbedaan dari keduanya. 

Bentuk 

Paling terlihat jelas perbedaan antara kanal U ( UNP ) dan CNP itu adalah dari segi bentuknya, sudah bisa ditebak dari nama yang disematkan. Besi CNP ini merupakan besi kanal yang mempunyai bentuk layaknya huruf C atau sudah hampir membentuk sebuah lingkaran. 

Besi UNP adalah jenis besi kanal yang mempunyai bentuk menyerupai huruf U atau melengkung ke arah bawah dan pada bagian atasnya terbuka. 

Fungsi / Kegunaan

Selanjutnya perbedaan dari kanal U baja ringan dengan kanal C dapat terlihat dari fungsi yang dimiliki oleh keduanya :

1.UNP

-Menutup atap

Dari segi kekuatan dan juga bentuk huruf U yang dimilikinya bisa untuk memberikan perlindungan untuk bahan yang lainnya. Oleh sebab itu pada saat akan membuat konstruksi untuk atap, besi kanal U ini akan diletakkan untuk menutupi atap bagian atas. Hal tersebut dilakukan karena atap yang menggunakan besi UNP sebagai penutup akan memiliki kekuatan yang lebih maksimal dan akan lebih tahan akan gonjang dan benturan. 

Kanal U baja ringan ini bisa dipakai untuk segala jenis atap terkhusus untuk yang menggunakan seng, genteng, kaca bahkan beton sekalipun yang umumnya digunakan untuk gudang khusus. 

-Penopang

UNP ini biasanya akan dipakai sebagai penopang jembatan kecil yang kecil yang umumnya ditemukan di daerah pedesaan. Jembatan tersebut menggunakan besi UNP di karenakan dari segi bentuknya bisa lebih memberikan cengkraman yang kuat sehingga bisa menopang beton dengan baik. Oleh sebab itu jembatan kecil yang menggunakan besi ini tidak akan mudah rusak. 

-Lebih bisa perkuat saluran air

Saluran air yang biasanya berada di bawah jalan utama juga sering menggunakan besi UNP untuk lebih bisa memberikan kekuatan untuk penutup bagian atasnya. Saluran air paling sering menggunakan besi ini adalah drainase untuk sawah, saluran air untuk pom bensin, dan juga saluran air bersih. 

  1. CNP

-Pagar

Ketika akan membuat sebuah pagar orang akan lebih memilih memakai CNP terutama untuk pagar yang sangat tinggi. CNP ini dikenali banyak orang sebagai besi yang kokoh dan mempunyai ketinggian beserta bentuk yang cocok untuk digunakan sebagai pagar pengaman. 

-Balok dudukan atap

Besi CNP juga paling sering dipakai untuk purlin karena kokoh dan lebih bisa untuk menopang benda berat yang berada di atasnya. 

Harga

Jika dilihat dari segi harga maka jenis besi CNP memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kanal u baja ringan. Harga semua toko tidak akan sama karena semua itu tergantung dengan penjualan di toko tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *