Pelajari Dahulu, Pentingnya Sebuah Pengukuran Lahan Dalam Setiap Proses Pembangunan!

Pelajari Dahulu, Pentingnya Sebuah Pengukuran Lahan Dalam Setiap Proses Pembangunan!

Pengukuran lahan merupakan suatu hal yang wajib diberlakukan dalam proses pembangunan infrastruktur seperti pengukuran lahan untuk pengembangan pelabuhan. Hal tersebut sangatlah krusial untuk dilakukan untuk membantu para pekerja mempertimbangkan rancangan bangunan, dampak pembangunan, serta perkiraan antisipasi kerusakan yang lebih tepat. 

Pengukuran lahan ini tentunya juga penting, melihat dari batasan-batasan tanah berdasarkan kepemilikannya. 

Seperti halnya pelabuhan, sebagai salah satu pusat transportasi laut dimana kapal-kapal bersandar. Pelabuhan juga memerlukan pengukuran lahan dalam pembuatannya, loh! Selain lahan darat, pelabuhan juga menggunakan pengukuran hidrografi, yang berfokus pada pemetaan laut dan pesisir. Pengukuran lahan juga kerap dilakukan secara berkala dalam periode waktu tertentu, sebab keadaan tanah dan laut bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah.

Pentingnya Pengukuran Lahan di Pelabuhan 

Pengukuran lahan ini tentunya bisa dikategorikan sebagai pengembangan dari pelabuhan kapal itu sendiri. Mengapa demikian? Seperti yang sebelumnya sudah lebih dahulu kita singgung, bahwasanya pelabuhan merupakan salah satu pusat transportasi yang jam operasionalnya cukup padat dan sibuk; tentunya akan mengundang lalu lalang masyarakat, baik mereka yang bekerja sebagai awak kapal maupun para calon penumpang kapal.

Selain itu, banyaknya angkutan dari besar hingga kecil, hingga kargo tempat penyimpanan barang-barang yang ukurannya cukup besar dan berat, hal ini menjadi salah satu faktor terpenting dalam pengukuran lahan pelabuhan. Karena dengan pengukuran lahan, pihak pelabuhan mampu memprediksi kapasitas, kestrategisan dari aktivitas lalu lintas (misalnya: tempat parkir, jalan pintu keluar dan pintu masuk, dsb), hingga pembuatan jalan yang kuat menopang beban yang rutin berlalu-lalang.

Menjauhi Potensi Timbulnya Masalah Sengketa

Lagi-lagi, poin pengukuran lahan terutama untuk pengembangan pelabuhan sangat penting untuk digaris bawahi. Dengan data luasan lahan yang jelas dan legal di mata hukum, tentunya suatu pihak memiliki batasan-batasan yang jelas untuk pembangunannya. Dengan pengukuran lahan, seluruh kegiatan bisa ditegaskan oleh para pengembang di sekitarnya, jadi tidak asal melakukan pembangunan dan ternyata malah menempati lahan milik orang lain. 

Sudah jelas kan, pengukuran lahan ini sangat diperlukan terutama untuk tanah milik pemerintah maupun lembaga-lembaga besar. Luasan lahan yang sudah ditetapkan juga diperlukan untuk perhitungan anggaran pembangunan yang harus dikeluarkan pihak terkait, tanpa campur tangan pihak di luar batasan lahan & kepemilikan. 

Jika ketentuan batasan diimplementasikan di zona laut, tentunya kita memiliki 3 zona wilayah yang perlu diperhatikan, diantaranya Zona Laut Teritorial, Zona Landasan Kontinen, dan Zona Ekonomi eksklusif.

Jadi, apakah anda sudah memiliki gambaran, kan, mengenai pentingnya pengukuran lahan terutama untuk pengembangan pelabuhan? Pembangunan tidak bisa berlangsung begitu saya, dan perlu pertimbangan matang-matang dari segala aspeknya. 

Sampailah kita di penghujung artikel. Terima kasih telah menyempatkan waktu membaca & mencerna informasi yang penulis berikan kali ini. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *